Skip to main content

Forum Diaspora Indonesia di Kuwait Adakan Seminar Tanya Jawab Seputar Covid-19

Jumat, 6 Agustus 2021, Forum Diaspora Indonesia di Kuwait (FDIK) bekerja sama dengan DPLN PPNI Kuwait dan didukung oleh KBRI Kuwait mengadakan seminar bertajuk tanya jawab seputar Covid-19, "Hadapi Pandemi Bersama Satgas Covid-19 Indonesia di Kuwait". Acara ini dihadiri lebih dari 200 partisipan yang sebagian besar adalah warga negara Indonesia yang ada di Kuwait.

Dalam kesempatan kali ini, Selaku narasumber pertama yaitu Dr. Amrizal M. Nur membawakan materi dengan topik Varian Delta dan Efektivitas Vaksin Covid-19. Dalam penjelasannya Dr. Amrizal menyampaikan berbagai tipe dari Varian Virus Covid-19 yang sudah menyebar saat ini, dimana varian Delta merupakan varian yang sangat cepat dalam penyebarannya dan sering mengakibatkan lonjakan kasus yang signifikan di sebuah negara. Walaupun demikian, dengan melakukan proses vaksinasi, maka penyebaran dari virus varian delta ini akan dapat dibatasi walaupun memang pada faktanya terjadi penurunan efektifitas vaksin terhadap jenis varian virus Covid ini.


Peserta Zoominar

Narasumber kedua yaitu Fernando La Eba, Ketua Satuan Tugas Covid-19 DPLN PPNI Kuwait, yang menjelaskan bagaimana prosedur penanganan untuk pasien Covid-19 di Kuwait. Beliau turut menjelaskan langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan ketika seseorang terinfeksi oleh virus corona di Kuwait. Di antaranya melakukan PCR, kemudian mengaktifkan program Shlonik dan kemudian harus mengunjungi pusat kesehatan yang akan diinfokan oleh MoH melalui nomer telepon pribadi yang terdaftar.


Adi Kuntarto – Embassy of Indonesia

Acara seminar ini mendapat sambutan dan antusias yang besar dari para partisipan, banyak sekali pertanyaan mendasar seputar Covid-19 yang di sampaikan oleh para partisipan. Hal yang paling banyak ditanyakan adalah seputar vaksinasi di Kuwait, seperti bagaimana treatment untuk varian covid yang baru, dan juga adanya perubahan trend saat ini dimana banyak para pemuda turut menjadi korban dari varian delta, dan bagaimana prosedur vaksinasi untuk anak anak dan juga pertanyaan mengenai masalah approval sertifikat vaksin para WNI yang sat ini masih stranded di Negara Indonesia.


Dr. Amrizal M. Nur – 1st speaker

Sejak pandemi ini terjadi, memang banyak sekali menyisakan masalah, bukan saja korban jiwa tetapi banyak juga warga negara indonesia di Kuwait yang harus kehilangan pekerjaan dikarenakan efek dari pandemi yang mengharuskan regulasi efek perlintasan yang sangat ketat dan turut mengguncang sendi sendi perekonomian tiap negara.


Fernando La Eba – 2nd speaker

Sejak berdirinya, Satgas Covid-19 Kuwait di dukung oleh KBRI Kuwait, bekerja dengan sangat keras untuk melakukan kampanye untuk menghindari ancaman Covid, dengan melakukan identifikasi dan mendata WNI yang terinfeksi oleh Covid-19, memastikan WNI di Kuwait yang terinfeksi oleh Covid-19 bisa tertangani dan mendapat arahan yng jelas serta mendapat bantuan klinis yang tepat. Bagi yang mengalami isolasi mandiri Satgas turut memastikan agar mereka mendapat kebutuhan sehari-hari yang cukup. 

Saat ini ada 298 orang WNI di Kuwait yang pernah terinfeksi oleh Covid-19. 171 orang diantaranya adalah para front liners perawat di berbagai rumah sakit di Kuwait dan ada 12 orang WNI di Kuwait meninggal dunia dikarenakan infeksi virus Covid-19. Kerjasama dari tiap WNI di Kuwait turut menjadi faktor suksesnya WNI di Kuwait menghadapi pandemi di Kuwait.



Salam Diaspora !!!

Comments

Popular posts from this blog

Perayaan Hari Buruh Menjadi Simbol Keharmonisan Pekerja Migran Indonesia di Kuwait

  Setiap  tahun pada tanggal 1 Mei, dunia menyaksikan perayaan Hari Buruh, yang lebih dikenal sebagai May Day. Namun, di tengah sorotan atas perayaan ini, mungkin masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami makna sebenarnya di balik istilah May Day. Bukan sekadar sebuah perayaan atau hari libur semata, May Day merupakan momen yang mendalam dan penting bagi para pekerja di seluruh dunia. Ini adalah momen di mana suara para buruh didengar, diakui, dan diperjuangkan. May Day, dengan segala kompleksitas dan maknanya, bukanlah sekadar seremoni tahunan. Ini adalah pengingat yang kuat akan pentingnya kesetaraan, keadilan, dan perlindungan bagi para pekerja di seluruh dunia. Hari Buruh, perayaan yang lahir dari perjuangan para pekerja yang tidak kenal lelah dalam meraih hak-hak mereka di tengah perubahan industri. Dalam sejarah pada abad ke-19, di Eropa Barat dan Amerika Serikat, kondisi kerja yang buruk, jam kerja yang panjang, dan upah yang minim menjadi pemicu perlawanan oleh para pe

Gegap Gempita Setengah Abad PPNI

Daiya , Kuwait . Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) atau Indonesian National Nurses Association (INNA) tepat pada tanggal 17 maret 2024 menginjak usianya yang ke-50. Rangkaian kegiatan perayaan setengah abad ini digemakan oleh seluruh tingakatan organisasi PPNI, baik ditingkat pusat Jakarta, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan hingga PPNI perwakilan di Luar Negeri dalam berbagai kegiatan dengan menampilkan peran perawat di masyarakat luas. Pada kesempatan tersebut, Dewan Pengurus Luar Negeri (DPLN) PPNI perwakilan Kuwait turut ambil bagian meramaikan rangkaian acara tersebut. Yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti Kuliner Kekinian, Pemberian penghargaan bagi perawat berprestasi periodw 2023, serta pendidikan kesehatan masyarakat. Ultah ke-50 PPNI mengusung "Tahun Emas PPNI, Peduli Untuk Bersinergi" dilaksanakan di KBRI Kuwait mulai pukul 09.00 WK hingga 16.00 WK, Sabtu 2 marwt 2023 - Daiya. Kegiatan yang di support penuh oleh KBRI tersebut  tidak hanya diperunt

Pelantikan Pengurus FDIK Periode 2023 - 2025

Salmiya , Kuwait . Ketua Forum Diaspora Indonesia di Kuwait (FDIK) Bilman Morianta Marpaung melantik Kepengurusan FDIK periode 2023 - 2025 yang merupakan perwakilan atau utusan dari organisasi masyarakat Indonesia di Kuwait. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Millenium Salmiya pukul 17.00 WK hingga 22.00 dimana acara dilanjutkan dengan penyusunan perencanaan kegiatan dari masing-masing divisi keorganisasian FDIK. Hadir dalam acara pelantikan tersebut Ibu Duta Besar LBBP RI untuk Kuwait Dra. Hj. Lena Maryana Mukti beserta jajarannya. Tampak disana Minister Counsellor Fungsi Politik/HoC (R.A. Arif), Fungsi Pensosbud (Osrinikita Zubhana) dan Atase Tenaga Kerja (Ratna Sari Dewi). Selain tamu KBRI, tentunya para penasehat FDIK turut hadir menyaksikan acara pelantikan tersebut. Lena Maryana selaku Duta Besar RI di Kuwait dalam sambutannya berharap dibawah kepemimpinan Bilman Marpaung FDIK dapat lebih berperan memberi warna kesatuan dalam bingkai kebhinekaan masyarakat Indonesia di Kuwait. Se